Sulitnya Mencari Informasi Caleg di Pemilu 2019

Apa Sajakah Pertimbangkan untuk Memilih Caleg?

Seperti dunia profesional pada umumnya. Saat mewawancarai kandidat, kita perlu mengecek apakah kandidat memiliki ilmu dan keterampilan untuk melakukan tugasnya dengan baik. Apakah secara personal orangnya baik. Apa alasan dia apply ke perusahaan kita, mungkin terkait dengan apa tujuan hidupnya.

  • Capable. Memiliki skill yang diperlukan untuk melaksanakan tugasnya dengan baik. Tugas legislatif itu ada tiga: 1) membuat undang-undang atau perda, 2) mengawasi pelaksanaannya, dan 3) menetapkan anggaran.
  • Orang baik. Sangat subjektif, mungkin salah satu yang penting adalah tidak pernah tersangkut kasus korupsi.
  • Punya tujuan yang jelas dan baik. Apa sih yang akan dia perjuangkan. Statement of purpose-nya apakah sejalan dengan apa yang kita pedulikan. Biasa dituangkan dalam “visi dan misi” baik individu maupun partai-nya.

Situs KPU sebagai Sumber Informasi Resmi

Saya mulai dengan mengakses situs resmi KPU. Di sana, kita bisa memilih dapil kita untuk kemudian dihantarkan ke daftar calon legislatif yang ditampilkan dalam bentuk tabel.

  • Banyak yang mengosongkan riwayat hidupnya atau mengisinya asal-asalan :(
  • Visi dan misi banyak diisi asal-asalan
  • KPU harusnya menyediakan tabel terpisah untuk caleg menaruh pengalaman-pengalaman relevan yang bukan riwayat pendidikan, seperti misalnya pengalaman menjadi relawan atau semacamnya.

JariUngu.com dengan fitur Saring-nya

Setelah tanya kanan-kiri untuk sumber informasi alternatif, saya disarankan teman untuk mencari ke https://jariungu.com/. Saya senang sekali dengan fitur saring caleg. Saya bisa menyaring caleg DPR RI dapil saya dengan spesifikasi tertentu.

Googling pun Tak Cukup

Caleg yang tersisa setelah penyaringan awal masih cukup banyak. Akhirnya saya coba googling satu-satu untuk mencari apa saja yang pernah dilakukan caleg tersebut. Syukur-syukur kalau calegnya niat sampai bikin website sendiri.

Apa yang Bisa Kita Perbaiki?

Bagi para caleg yang terhormat, yakinkan pemilihmu bukan dengan baliho di setiap sepuluh meter. Cantumkan apa yang hendak kau perjuangkan. Cantumkan mengapa kami harus yakin bahwa Anda bisa menjalankan tugas dengan baik.

--

--

Crazy dad. Data technology enthusiast. Youtube: Insinyur Data

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Rendy B. Junior

Rendy B. Junior

Crazy dad. Data technology enthusiast. Youtube: Insinyur Data